Monday, November 20, 2017

Pembelajaran Drama dalam Video

Rekan guru bahasa Indonesia dan para siswa yang terkasih,
Untuk dapat melihat contoh-contoh pembelajaran drama dalam praktik, Anda dapat menyaksikan beberapa unggahan di media Youtube berikut ini. Saya akan menautkan bahan-bahan berikut ini yang meliputi materi pementasan dan materi kepenulisan naskah. Jika dalam proses pencarian, saya menemukan tambahan bahan dari chanel tersebut di atas, maka akan saya tambahkan dalam daftar tayangan yang bisa Anda saksikan ketika sudah membuka blog ini dan mengklik kata "Tonton" di belakang setiap judul tayangan. 

Materi Pementasan
Selain belajar mengapresiasi pementasan drama dan menulis naskah drama, hal yang juga perlu untuk disiapkan adalah pementasan drama itu sendiri. Sebelum seseorang mampu mementaskan drama, diperlukan persiapan yang matang agar dirinya dapat memerankan tokoh tertentu yang dibawakan. Berikut ini disediakan beberapa contoh latihan yang sebaiknya rutin dilatih dalam persiapan pementasan.
1. Dasar-dasar Belajar Bermain Drama/Teater | Tonton
2. Latihan Ekspresi | Tonton
3. Latihan Konsentrasi dan Olah Vokal | Tonton
4. Latihan Improvisasi | Tonton
5. Latihan Olah Rasa | Tonton
6. Latihan Senam Wajah | Tonton

Materi Kepenulisan Naskah
Naskah drama juga memegang peran penting dalam pementasan dan apresiasi. Sebuah naskah drama menjadi bermanfaat, bermakna, dan berguna ketika diapresiasi dan dipentaskan. Oleh karena itu, belajar untuk menulis naskah drama sangat penting. Berikut ini disediakan beberapa contoh latihan menulis naskah drama. Dengan rutin belajar menulis naskah drama, kita akan semakin mampu menyediakan naskah yang layak untuk dipentaskan dan diapresiasi.
1. Menulis Kreatif Naskah Drama Satu Babak | Tonton
2. Menulis Naskah Drama Secara Kreatif | Tonton

No comments:

Post a Comment

Belajar Jarak Jauh-1

Rekan guru dan para siswa yang terkasih, Kondisi sekarang ini yang diakibatkan pandemi Covid-19, membuat berbagai aktivitas publik mendad...