Friday, November 24, 2017

Panggung (Stage)

Rekan guru bahasa Indonesia yang terkasih,
Dalam sebuah pementasan, latar selalu dihubungkan dengan penataan panggung karena panggung merupakan salah satu media pembentukan setting secara visual. Berdasarkan kepentingan naskah yang akan dipentasan, panggung dibagi menjadi dua macam yaitu panggung pementasan konvensional dan panggung pementasan kontemporer. Panggung pementasan konvensional memiliki bentuk trapesium dan membantuk segi empat. Sedangkan panggung pementasan kontemporer memiliki bentuk arena (melingkar) dan setengah arena (setengah lingkaran).
Panggung adalah media bagi aktor/aktris dalam melakukan aktivitas perannya atau sebagai wadah dalam berekspresi di hadapan penonton. Sebuah panggung didesain atau ditata sesuai dengan kebutuhan dalam peran. Penataan panggung difungsikan sebagai alat dalam menghidupkan suasana dramatik dalam pementasan drama. Ada beberapa ketentuan dalam tata panggung sebagai dasar pengembangan pembelajaran perencanaan pementasan drama. Ketentuan-ketentuan itu sebagai berikut.
1.  Penataan panggung harus sesuai dengan konsep atau tema pementasan.
2. Penataan panggung harus mengetahui konsep dasar pementasan drama yang akan dilaksanakan agar tatanan sesuai dengan konsep pementasan yang telah dirancang oleh sutradara.
3. Tatanan panggung harus mampu memberikan visualisasi dan stimulus bagi aktor/aktris agar dapat mendukung akting di atas panggung.
4. Penataan panggung harus memperhitungkan komposisi dan efisiensi. Peletakan dan penataan properti di atas panggung memperhatikan komposisi agar tidak terlihat penuh di satu sisi saja. Properti yang diletakkan di atas panggung hendaknya tidak terlalu banyak dan fungsional sehingga tidak mengganggu pandangan penontong dan gerak aktor/aktris.
5.  Jarak panggung dengan penonton tidak boleh terlalu jauh agar keseluruhan cerita dapat diikuti oleh penonton secara jelas dan baik dari aspek gerak dan vokal.

Rekan guru bahasa Indonesia yang terkasih,
Beberapa ketentuan di atas tentu saja dapat Anda kembangkan agar semakin jelas bagi siswa Anda. Ketentuan-ketentuan di atas dapat Anda gunakan sebagai panduan dalam mendampingi siswa Anda ketika Anda mengajak siswa Anda untuk melakukan suatu pengamatan atas sebuah pementasan. Selain itu, ketentuan di atas juga dapat Anda gunakan sebagai pegangan dalam mengarahkan siswa Anda ketika akan mementaskan sebuah lakon.
Di atas juga disinggung tentang jenis panggung yaitu konvensional dan kontemporer. Pemaparan tentang kedua jenis panggung tersebut, akan saya sampaikan secara terpisah. Akan tetapi, jika Anda dapat mencari sumber referensi tentu hal itu akan sangat baik agar ketika menjelaskan materi ini kepada siswa Anda, Anda tentu sudah memiliki pemahaman dan pengetahuan.
Panggung modern.
Sumber:http://sharingiscaring1989.blogspot.co.id/2011/10/jenis-jenis-pentas-teater.html

Panggung konvensional.
Sumber:http://sharingiscaring1989.blogspot.co.id/2011/10/jenis-jenis-pentas-teater.html

No comments:

Post a Comment

Belajar Jarak Jauh-1

Rekan guru dan para siswa yang terkasih, Kondisi sekarang ini yang diakibatkan pandemi Covid-19, membuat berbagai aktivitas publik mendad...