Monday, November 20, 2017

Pembelajaran Penulisan Kreatif Naskah Drama

Rekan guru bahasa Indonesia yang terkasih,
Menulis merupakan kegiatan menuangkan ide, pikiran, dan imajinasi positif ke dalam karangan. Menulis merupakan kegiatan kreatif karena melibatkan tahap-tahap imajinatif yang meliputi merasakan, menghayati, mengkhayalkan, dan menemukan kebenaran. Salah satu bentuk kegiatan kreatif tersebut adalah menulis karya sastra naskah drama. Menulis naskah drama merupakan salah satu kompetensi kognitif yang dikembangkan dalam pembelajaran drama.
Dalam kegiatan penulisan naskah drama, penulis naskah drama melibatkan pembaca untuk memasuki sebuah model dunia kehidupan yang dibangun dalam sebuah wilayah budaya hasil interpretasi dari dunia sekitarnya. Wilayah budaya tersebut ditampilkan dengan mengolah realitas kehidupan yang dipaparkan secara terselubung dalam wacana sastra (dalam hal ini naskah drama) dan kemudian memasuki wilayah makna yang ditampilkan dalam wujud peristiwa, tokoh, setting, dan semangat kemanusiaan yang menjadi oase bagi pengembara kerohanian sehingga naskah drama membuka peluang untuk perenungan persoalan mendasar tentang manusia dan kemanusiaan.
Kisah kehidupan yang dikembangkan dalam drama bertumpu pada konflik. Oleh karena itu, seni drama disebut juga dengan seni konflik. Konflik selalu hadir pada setiap perkembangan tahapan peristiwa naskah drama, meskipun setiap naskah memiliki plot, tema, tokoh dan watak tokoh, serta setting yang berbeda-beda. Konflik berkaitan dengan upaya tokoh untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan, kecenderungan, atau harapan. Perjuangan mewujudkan harapan tersebut melahirkan bentuk-bentuk konflik yang bermuatan nilai-nilai dramatik. Drama merupakan pernyataan dari kemauan manusia dalam menghadapi tantangan atau oposisi dalam kehidupannya. Dengan kata lain, drama adalah pertentangan antara kecenderungan-kecenderungan manusia dalam memilih nilai moral kehidupan.

Sumber: http://jendelamatabroadcast.blogspot.co.id
diunduh pada Senin, 20 November 2017


No comments:

Post a Comment

Belajar Jarak Jauh-1

Rekan guru dan para siswa yang terkasih, Kondisi sekarang ini yang diakibatkan pandemi Covid-19, membuat berbagai aktivitas publik mendad...