Friday, November 24, 2017

Tema Pementasan

Rekan guru bahasa Indonesia yang terkasih,
Tema merupakan ide yang mendasari suatu cerita sehingga dapat berperan sebagai pangkal tolak pengarang dalam menyampaikan pesan kepada pembaca lewat naskah drama yang ditulisnya atau dipentaskan. Pemahaman terhadap tema pementasan mutlak harus dilakukan karena tanpa memahami tema dalam suatu pementasan drama, baik sutradara, aktor/aktris, maupun penikmat pertunjukan drama tidak akan mampu memahami pesan dalam pementasan drama.
Dalam pementasan drama, gagasan-gagasan yang relevan dengan tema dapat dinyatakan melalui kata-kata dan dibangun melalui situasi yang diciptakan dalam pertunjukan drama. Gagasan tersebut dapat diamati melalui premis yang menggarisbawahi peristiwa yang terdapat dalam pertunjukan drama.
Tema sebuah pementasan bisa muncul lebih dari satu, tetapi pada hakikatnya hanya ada satu tema umum yan diusung dalam suatu pertunjukan drama. Tema-tema lain yang muncul hanya menjadi pelengkap tema umum. Tema tersebut sering disebut tema minor. Tema suatu pementasan dapat dipahami melalu kegiatan 1) interpretasi naskah sebelum kegiatan pementasan, 2) menghubungkan dialog-dialog tematis yang tersebar pada dialog tokoh dan menyimpulkannya, 3) penandaan terhadap konflik dan perkembangan plot, 4) pemahaman terhadap setting pementasan (waktu, tempat, dan suasana).

No comments:

Post a Comment

Belajar Jarak Jauh-1

Rekan guru dan para siswa yang terkasih, Kondisi sekarang ini yang diakibatkan pandemi Covid-19, membuat berbagai aktivitas publik mendad...