Tuesday, November 28, 2017

Unsur Inti dalam Apresiasi Naskah Drama

Rekan guru bahasa Indonesia yang terkasih,
Apresiasi naskah drama merupakan suatu kegiatan atau proses yang melibatkan tiga unsur inti. Ketiga unsur inti tersebut adalah kognitif, emotif, dan evaluatif. Ketiga unsur inti tersebut menjadi bagian dalam proses apresiasi naskah drama yang penting untuk dipahami.
Aspek kognitif berkaitan dengan keterlibatan penalaran (logika) pembaca dalam memahami unsur-unsur kesastraan yang bersifat objektif. Unsur-unsur kesastraan yang bersifat objektif tersebut berhubungan dengan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik naskah drama.
Aspek emotif berkaitan dengan keterlibatan unsur emosi pembaca dalam upaya menghayati unsur-unsur keindahan yang terdapat dalam naskah drama. Unsur emosi berperan penting dalam memahami unsur subjektif dalam naskah drama. Unsur subjektif tersebut misalnya bahasa yang digunakan dalam dialog antartokoh yang mengandung makna konotatif dan multiinterpretatif. Kepekaan atau ketajaman emosi dapat membantu apresiator mengaitkan berbagai pengalaman batin tokoh dengan wawasan kehidupan yang dimilikinya. Wawasan yang dangkal akan menyulitkan seorang apresiator dalam memahami tiap kat dan dialog dalam naskah drama.
Aspek evaluatif berhubungan dengan kegiatan memberikan penilaian terhadap baik atau buruk, menarik atau tidak menarik terhadap naskah drama yang dibaca. Penilaian terhadap naskah drama tersebut bersifat objektif atau subjektif.


No comments:

Post a Comment

Belajar Jarak Jauh-1

Rekan guru dan para siswa yang terkasih, Kondisi sekarang ini yang diakibatkan pandemi Covid-19, membuat berbagai aktivitas publik mendad...