Monday, November 20, 2017

Pembelajaran Apresiasi Drama

Sumber: dokumentasi SMP Pangudi Luhur Wedi

Rekan guru bahasa Indonesia dan para siswa yang terkasih,
Anda tentu paham bahwa antara prosa dan drama, dari segi landasan konfliknya sama. Sama seperti prosa, drama merupakan cerita yang dikembangkan dengan berlandaskan konflik kehidupan manusia dan dituangkan dalam bentuk dialog untuk dipentaskan di hadapan penonton. Perbedaan pada prosa dan drama terletak pada dialognya. Dalam prosa, bentuk dialog disusun sebagai bagian dari cerita. Sedangkan pada drama dialog disusun sebagai langkah untuk dipentaskan. Drama dapat disikapi dalam dua bentuk yaitu dalam bentuk karya sastra (text play) dan drama teater (pementasan). Naskah drama (text play) dapat diapresiasi melalui kegiatan membaca naskah drama. Sebaliknya, drama dalam bentuk teater dapat diapresiasi melalui kegiatan menonton atau menyaksikan drama.
Dalam bahasan tentang pembelajaran apresiasi drama ini, akan disampaikan empat hal pokok yang perlu Anda siapkan. Keempat hal itu meliputi 1) teori-teori pembelajaran apresiasi naskah drama, 2) materi pembelajaran apresiasi naskah drama, 3) teori-teori pembelajaran apresiasi pementasan drama, dan 4) materi pembelajaran apresiasi pementasan drama. Jika dicermati, sebenarnya kegiatan apresiasi drama tersebut terbagi menjadi dua saja yaitu pembelajaran apresiasi naskah drama dan pembelajaran apresiasi pementasan drama. Sedangkan materi yang disediakan lebih sebagai contoh untuk Anda yang disediakan. Keempat hal tersebut nanti akan disajikan secara terpisah agar dapat dicermati dan diperdalam.

Rekan guru bahasa Indonesia dan para siswa yang terkasih,
Sebenarnya banyak acuan sumber-sumber referensi yang dapat Anda baca berkaitan dengan teori-teori pembelajaran apreasiasi, termasuk dalam apresiasi naskah drama. Hal yang penting Anda pahami bahwa acuan teori apreasiasi naskah drama tidak jauh berbeda dengan teori apreisiasi karya sastra prosa dan puisi. Tiap penulis dalam sumber referensi yang Anda temukan, tentu memiliki pertimbangan dan wawasan yang perbeda. Hal itu tentu akan semakin kaya di dalam menyusun materi pembelajaran yang akan Anda sampaikan kepada para siswa.

Dalam paparan ini, teori-teori tentang pembelajaran apresiasi naskah drama akan dibatasi pada bahasan-bahasan yang saya pandang penting berdasarkan sumber buku acuan yang penulis gunakan dalam paparan ini. Hal yang ingin saya sampaikan kepada Anda saya batasi pada 1) gaya penyajian naskah drama, 2) pembagian drama, dan 3) unsur inti dalam naskah drama. 

No comments:

Post a Comment

Belajar Jarak Jauh-1

Rekan guru dan para siswa yang terkasih, Kondisi sekarang ini yang diakibatkan pandemi Covid-19, membuat berbagai aktivitas publik mendad...